Wednesday 15 February 2012

E-Porfolio Komputer dalam Pendidikan

Ini adalah link ke Electronic Portfolio saya pada mata kuliah ETAP 526 Educational Computing.

http://alex-edukasi.webs.com/ (versi Indonesia)
http://alexsuny11.webs.com/ (English version)

Sebagai mata kuliah perkenalan dalam teknologi edukasi, pelajarannya adalah tentang bagaimana kategori dan penggunaan aplikasi dalam instrutisional pendidikan. Inti dari pelajaran ini adalah memberikan wawasan baru bagi penggunaan berbagai aplikasi dalam membantu guru dan murid untuk memahami suatu pelajaran.

Aplikasi-aplikasi ini sendiri pada dasarnya tidak diciptakan untuk mengganti peran guru, walau beberapa jenis aplikasi memungkinkan murid untuk belajar mandiri tanpa guru, akan tetapi lebih kepada memperkaya wawasan, menumbuhkan kreativitas dan melibatkan pemikiran kritis -critical thinking- dalam mempelajari sesuatu. Dengan adanya aplikasi ini juga, murid diharapkan dapat melibatkan beberapa jenis intelegensi -multiple intelligences- dalam menyelesaikan satu permasalahan.
Selain aplikasi siap pakai, mata kuliah ini mengajarkan saya untuk membuat recana belajar, webquest, dan integarsi keduanya. Arikel tentang WebQuest dapat dilihat pada artikel yang saya posting secara terpisah.

Mengingat saya menggunakan web domain gratis, maka mungkin dalam waktu 1 tahun ke depan akan dihapus, oleh karena itu saya kan membaginya dalam bentuk posting-posting terpisah.

No comments:

Post a Comment