Wednesday 15 February 2012

Secuplik Kisah Kuliah di Amerika (SUNY Albany)

Ini adalah kelanjutan dari Seri Perjalanan dan Kuliah di Suny Albany US ( baca juga Jakarta-Singapura-Jepang-Washington DC , Transportasi Di Albany) yang tertunda 1 tahun :(. Penulis hampir melupakan untuk melanjutkan tulisan ini hingga beberapa waktu lalu ada pembaca yang menanyakan hal ini. Thanks buat pembaca yang tertarik dan mengingatkan penulis.
Sisi baiknya dari tertundanya tulisan ini adalah tulisan ini akan lebih 'berisi' karna memuat pengalaman selama 1 tahun. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bahwa:
  • Tulisan ini tidak merepresentasikan gambaran kuliah di Amerika secara umum (objektif) tetapi lebih bersifat pengalaman pribadi (subjektif) dari penulis
  • Setiap orang bisa punya pengalaman dan penilaian yang berbeda walaupun kuliah di tempat yang sama sekalipun
  • Tulisan ini hanya dimaksudkan untuk sharing pengalaman dan memperkaya wawasan tentang kuliah di Amerika, khususnya di University at Albany, State University of New York, Albany, New York.
Musim dingin tahun 2011 sewaktu penulis tiba adalah salah satu musim dingin terburuk di Albany. Selain sering badai salju, musim dingin juga berlangsung lebih lama. Musim dingin tahun 2012 -sewaktu tulisan ini dibuat- adalah termasuk musim dingin paling 'hangat' di Albany karena hingga bulan Februari salju hanya turun 2-3 kali. Mungkin karena pengaruh perubahan iklim dunia.

 
Winter 2011 di Collin Circle, SUNY

 
State University of New York (SUNY)
SUNY adalah salah satu universitas negeri dengan jumlah mahasiswa paling banyak di New York. Totalnya sekitar 467,845 mahasiswa yang tersebar pada 7,342 program study di puluhan kota dalam New York State (lihat juga Sekilas tentang State di Amerika). Untuk membedakan setiap universitas di tiap kota, masing-masing kampus memiliki nama sendiri. Misalnya, SUNY di Albany bernama University at Albany. Untuk artikel tentang sistem kuliah Amerika secara singkat dapat dibaca pada Sistem Kuliah Amerika: College vs University (segera).

No comments:

Post a Comment